Lembar ke-1. Catatan fakta sebelum pengamatan:
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, Pemetaan SK/KI-KD, KKM, RPP, Daftar Buku Sumber, Daftar Alat Peraga, Program Penilaian, Daftar Tugas Terstruktur dan Tidak Terstruktur.
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, Pemetaan SK/KI-KD, KKM, RPP, Daftar Buku Sumber, Daftar Alat Peraga, Program Penilaian, Daftar Tugas Terstruktur dan Tidak Terstruktur.
- Guru mengembangkan Prota dan Promes dengan memperhatikan Kalender Pendidikan dan Silabus yang berlaku.
- Guru telah memiliki Silabus K-13 yang bersumber dari Lampiran 2 Permendikbud 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMP/MTs.
- Guru belum dapat menyusun pemetaan KI-KD secara mandiri, masil hasil copy dari orang lain.
- Guru belum dapat menyusun format penetapan KKM secara mandiri, masih hasil copy dari orang lain.
- Guru belum dapat mengembangkan RPP sesuai format RPP terbaru dan sebagian besar merupakan hasil editan dari karya orang lain.
- Guru telah memiliki daftar buku sumber dan media pembelajaran berdasarkan prinsip multi-sumber dan multi-media.
- Guru telah menyusun program penilaian dengan menerapkan model penilaian autentik.
- Guru telah telah menyusun daftar tugas terstruktur dan tidak terstruktur sesuai dengan karakteristik materi, siswa dan alokasi waktu yang ada.
Tindak lanjut yang
diperlukan:
- Guru perlu memahami dan berlatih baik secara invidual maupun kelompok (misalnya MGMP) dalam menyusun pemetaan KI-KD, penetapan KKM dan pengembangan RPP sesuai standar format yang update.
- Pelatihan dan pendampingan Kurikulum 2013 perlu dilakukan secara kontinyu dan menyeluruh, sehingga semua guru diharapkan mampu mengimplementasikan dan mengembangkannya secara teknis operasional di sekolah masing-masing.
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
RPP, Daftar Buku Sumber, Daftar Alat Peraga, Denah Tempat Duduk Siswa, Daftar Hadir Siswa, Agenda Mengaja, LKPD.
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru:
- Guru mengisi agenda mengajar sesuai program semester dan jadwal pelajaran.
- Guru mengecek kehadiran siswa dan memberikan tanggapan yang edukatif.
- Guru melakukan apersepsi dalam pendahuluan pembelajaran relatif cukup baik.
- Guru menjelaskan target pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran sesuai RPP.
- Pendekatan saintifik sudah tercermin dalam kegiatan inti pembelajaran.
- Prinsip multi-sumber dan media pembelajaran belum terlaksana secara optimal.
- Penataan tempat duduk dan kelompok siswa sudah cukup variatif dan heterogen.
- Secara keseluruhan, siswa lebih aktif dalam pembelajaran dengan arahan dan bimbingan guru.
- Secara keseluruhan, siswa sudah mampu kooperatif dalam kegiatan belajar kelompok.
- Hanya sebagian kecil siswa yang nampak berani bertanya dan menyampaikan pendapatnya.
- Lahir adanya komunikasi multi-arah dalam pembelajaran secara terarah sesuai target pembelajaran.
- Guru melakukan penilaian proses melalui pertanyaan lisan dan randum serta pengamatan aktivitas belajar siswa.
- Perlunya pengadaan sumber dan media pembelajaran yang memadai dan dapat mendukung kegiatan pembelajaran.
- Perlu peningkatan peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran, sehingga semua siswa dalam aktif secara optimal dalam pembelajaran.
- Guru perlu menyiapkan LKPD dan format penilaian prores pembelajaran sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Perihal Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa dalam PKG 2014 :
- Pada lembar catatan fakta SEBELUM pengamatan, Tim Penilai harus mampu mengidentifikasi dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan terkait ke-14 kompetensi dalam konteks penilaian SEBELUM pengamatan pembelajaran.
- Pada lembar catatan fakta SELAMA pengamatan, Tim Penilai harus mampu mengidentifikasi dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan terkait ke-14 kompetensi dalam konteks penilaian SELAMA pengamatan pembelajaran..
- Pada lembar catatan fakta SETELAH pengamatan, Tim Penilai harus mampu mengidentifikasi dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan terkait ke-14 kompetensi dalam konteks penilaian SETELAH pengamatan pembelajaran..
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
RPP, Program Penilaian, Daftar Tugas Terstruktur dan Tidak Terstruktur, Jurnal Kelas, Catatan Anekdot, Refleksi Pembelajaran, Program Remedial/Pengayaan, Kisi-kisi dan Soal, Analisis Ketuntasan, Analisis Butir Soal.
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru:
- Guru melakukan post-test secara lisan dan randum untuk menguji pencapaian kompetensi siswa.
- Guru sudah memiliki program penilaian sesuai RPP.
- Guru memberikan tugas terstruktur sesuai program yang telah dibuatnya.
- Guru menyusun jurnal kelas dan catatan anekdot terkait pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru melakukan dan mencatat refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru telah menyiapkan kisi-kisi, soal, analisis ketuntasan dan analisis butir soal terkait kompetensi dasar sesuai RPP.
- Guru sudah menyiapkan program remedial dan pengayaan sebagai tindak lanjut dari analisis ketuntasan belajar siswa.
Tindak lanjut yang
diperlukan:
- Guru perlu memiliki Bank Soal yang sistematis, baik secara individual maupun secara kolektif (MGMP).
- Guru dapat melakukan kegiatan PKB sebagai tindak lanjut dari refleksi pembelajaran.
- Diperlukan adanya sistem informasi bagi orangtua/masyarakat terkait kondisi dan kemajuan belajar peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar