Mabruridlo : Guru MTs Al Fatah Suradadi

<< Selamat Datang di Blog's Abdima MTs Al Fatah Suradadi >> << Terima kasih sudah mampir, Semoga dapat memberi arti dan manfaat, meskipun sangat kecil dan remeh >>

Senin, 02 Januari 2017

TUPOKSI PERANGKAT MADRASAH/SEKOLAH

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
(TUPOKSI)
KEPALA MADRASAH/SEKOLAH

1.    Kepala Sekolah sebagai Pendidik (Educator)
    a. Membimbing guru dalam hal menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil           belajar dan melaksanakan program pengajaran dan remedial.
    b. Membimbing karyawan dalam hal menyusun program kerja dan melaksanakan tugas sehari-hari.
    c. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler, OSIS dan mengikuti lomba diluar  sekolah.
    d. Mengembangkan staf melalui pendidikan/latihan, melalui pertemuan, seminar dan diskusi,                      menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat,  mengusulkan  kenaikan jabatan              melalui seleksi calon Kepala Sekolah.
   e. Mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan/latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan bahan-         bahan.

2.    Kepala Sekolah sebagai Manajer (Manager)
    a. Mengelola administrasi kegiatan belajar dan bimbingan  konseling dengan memiliki data lengkap             administrasi kegiatan belajar mengajar dan kelengkapan administrasi bimbingan konseling.
     b. Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra         kurikuler secara lengkap.
    c. Mengelola administrasi ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenaga guru  dan Tata Usaha.
    d. Mengelola administrasi keuangan Rutin, BOS, dan Komite.
    e. Mengelola administrasi sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang, mebelair, alat laboratorium,    perpustakaan.

3.    Kepala Sekolah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
    a. Menyusun program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
   b. Menyusun organisasi ketenagaan disekolah baik Wakasek, Pembantu Kepala Sekolah, Walikelas, Kasubag Tata Usaha, Bendahara, dan Personalia Pendukung misalnya pembina perpustakaan, pramuka, OSIS, Olah raga. Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peringatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya.
 c. Menggerakkan staf/guru/karyawan dengan cara memberikan arahan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas.
  d. Mengoptimalkan sumberdaya manusia secara optimal, memanfaatkan  sarana / prasarana secara optimal  dan merawat sarana prasarana milik sekolah.

4.    Kepala Sekolah sebagai Penyelia (Supervisor)
     a. Menyusun program supervisi kelas, pengawasan dan evaluasi pembelajaran.
     b. Melaksanakan program supervisi.
     c. Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja guru/karyawan dan untuk pengembangan          sekolah.

5.    Kepala Sekolah sebagai Pemimpin (Leader)
     a. Memiliki kepribadian yang kuat, jujur, percaya diri, bertanggungjawab, berani mengambil resiko dan      berjiwa besar.
     b. Memahami kondisi guru, karyawan dan anak didik.
     c.  Memiliki visi dan memahami misi sekolah yang diemban.
     d. Mampu mengambil keputusan baik urusan intern maupun ekstern.
     e. Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tertulis.

6.    Kepala Sekolah sebagai Pembaharu (Inovator)
     a. Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
     b. Mampu melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar mengajar dan bimbingan konseling,             pengadaan dan pembinaan tenaga guru dan karyawan, kegiatan ekstra kurikuler dan mampu                     melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya manusia di Komite dan masyarakat.

7.    Kepala Sekolah sebagai Pendorong  (Motivator)
     a. Mampu mengatur lingkungan kerja.
     b. Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai.
        c. Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang sesuai dengan aturan             yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar