Mabruridlo : Guru MTs Al Fatah Suradadi

<< Selamat Datang di Blog's Abdima MTs Al Fatah Suradadi >> << Terima kasih sudah mampir, Semoga dapat memberi arti dan manfaat, meskipun sangat kecil dan remeh >>

Minggu, 20 Juli 2025

ANALOGI INDAH TENTANG CP DAN TP

MEMBANGUN SEBUAH RUMAH

Bayangkan kita semua adalah seorang arsitek sekaligus kontraktor yang mendapat proyek besar.

Capaian Pembelajaran (CP) adalah RUMAH JADI.

Pemberi proyek (kurikulum) memberi kita sebuah target besar di akhir periode (fase): "Saya ingin sebuah rumah dua lantai yang kokoh, punya 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga yang nyaman."

Deskripsi rumah jadi ini adalah CP. Ini adalah target besar dan utuh yang harus kita wujudkan setelah dua tahun (satu fase). Kita tidak bisa langsung membangunnya dalam sehari. Memberi siswa "gelondongan besar" CP ini secara langsung tentu akan membuat mereka bingung dan kewalahan.

Tujuan Pembelajaran (TP) adalah TAHAPAN KONSTRUKSI.

Sebagai kontraktor yang cerdas, apa yang kita lakukan? Tentu kita akan memecah proyek besar itu menjadi pekerjaan-pekerjaan yang lebih kecil dan logis.

TP 1: Menggali dan membangun fondasi yang kuat.

TP 2: Mendirikan tiang-tiang dan kerangka dinding.

TP 3: Memasang batu bata hingga menjadi dinding yang kokoh.

TP 4: Memasang kerangka atap dan gentengnya.

TP 5: Memasang jendela, pintu, dan instalasi listrik.

TP 6: Mengecat dan menyelesaikan interior (finishing).

Setiap tahapan (TP) ini adalah tujuan konkret yang harus kita selesaikan satu per satu. Kita tidak bisa memasang atap (TP 4) jika dindingnya (TP 3) belum berdiri. Setiap TP adalah keterampilan spesifik yang jika semuanya sudah tercapai, maka berdirilah rumah impian kita (CP).

Intinya:

Kita tidak mengajarkan "cara membangun rumah" dalam satu waktu. Kita mengajarkan cara membuat fondasi, lalu cara mendirikan dinding, dan seterusnya, hingga siswa kita mampu membangun rumahnya sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar