Mabruridlo : Guru MTs Al Fatah Suradadi

<< Selamat Datang di Blog's Abdima MTs Al Fatah Suradadi >> << Terima kasih sudah mampir, Semoga dapat memberi arti dan manfaat, meskipun sangat kecil dan remeh >>

Jumat, 08 Agustus 2025

Analisis SWOT : Fondasi Strategis Menyusun Visi Misi Sekolah yang Relevan dan Bermakna

Setiap pengelola madrasah memiliki pengolahan masing-masing dalam mengembangkan madrasahnya agar dapat memenuhi standar mutu sesuai perkembangan zaman. Standar mutu dapat dikatakan berhasil apabila komponen mutu itu dapat dipenuhi. Komponen yang terdapat didalam standar mutu pendidikan yaitu diantaranya : Input, Proses dan Output.

Tugas manajemen itu diharuskan dapat memunculkan suatu ide-ide yang dapat menjadikan madrasah itu berkembang lebih baik lagi dari sebelumnya, sehingga bagian manajemen ini mampu mengubah komponen proses dengan menggunakan strategi-strategi manajemen.

Strategi merupakan cara atau siasat yang dipakai dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu dengan tepat. Demikian pula dengan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dalam rangka mewujudkan pendidikan dan pengajaran. Pendidikan yang dilakukan di MTs Al-Fatah Suradadi tentunya juga mempunyai tujuan dan memerlukan strategi yang tepat untuk mencapainya.

Salah satu tahapan manajemen strategi yang merupakan pendekatan analisis lingkungan, digunakan untuk melihat kekuatan dan kelemahan didalam madrasah sekaligus memantau peluang dan tantangan yang harus dihadapi madrasah. Analisis SWOT yang digunakan di MTs Al-Fatah Suradadi bertujuan untuk menemukan aspek-aspek penting dalam hal kekuatan, kelemahan,  peluang, dan ancaman. Tujuan pengujian adalah memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mereduksi ancaman, dan membangun peluang.

Tujuan dan Sasaran

1. Tujuan

Tujuan diadakannya program kerja SWOT ini diharapkan untuk dapat melihat seberapa besar pengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs Al- Fatah Suradadi.

2. Sasaran

Adapun sasaran yang ingin kami capai dalam Program Kerja SWOT di MTs Al- Fatah Suradadi adalah proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi dan kebijakan madrasah. Perencana  strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis madrasah dalam hal kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam kondisi saat ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan analisis situasi yang populer dengan analisis SWOT.

Analisis Swot

Sallis (2008:221-223) menyatakan bahwa SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan  Ancaman).

1.    Strength (Kekuatan)

Yang dimaksud dengan strength atau kekuatan adalah beberapa hal yang merupakan kelebihan dari madrasah yang bersangkutan. Hal-hal yang memiliki potensi yang positif apabila dikembangkan dengan baik. Adapun yang merupakan strength misalnya sebuah rekruitmen yang kuat, tim manajemen yang antusias, hasil ujian yang baik, unit ekstrakurikuler seperti musik, seni, dan drama yang kuat, dukungan orangtua yang baik, moral staf yang baik, dan dukungan pimpinan institusi.

2.    Weakness (Kelemahan)

Weakness atau kelemahan yang dimaksud di sini adalah komponen-komponen yang kurang menunjang suatu keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang ingin dicapai oleh madrasah. Kelemahan-kelemahan ini adalah bangunan lama dalam kondisi yang jelek, usia rata-rata staf yang terlalu tinggi, kurangnya fasilitas parkir, anggaran belanja yang tidak cukup, dan fasilitas olahraga yang tidak  cukup.

3.    Opportunity (Peluang)

Opportunity/peluang adalah kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi apabila potensi-potensi yang ada di madrasah tersebut mampu dikembangkan atau dioptimalkan oleh madrasah. Adapun yang merupakan opportunity misalnya bergabung dengan institusi lokal dengan tempat yang baik dan reputasi yang juga cukup baik, membangun sarana olahraga yang lebih baik, bergairah untuk mendirikan institusi baru, memberi peluang kepada para staf untuk mengembangkan keahlian demi meningkatkan daya tawar, memperluas penggabungan dengan institusi lainnya agar dapat menjadi penyandang dana yang baru.  

4.    Threats (Ancaman)

Threats atau ancaman yang dimaksud di sini adalah kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi atau berpengaruh terhadap kesinambungan dan keberlanjutan kegiatan penyelenggaraan di madrasah. Ancaman-ancaman tersebut adalah: kehilangan identitas, kekuatan dan reputasi, resiko kehilangan guru berpengalaman akibat pensiun dini, etos kerja lembaga lain mungkin menjadi dominan, dan kemungkinan kehilangan dukungan dari pimpinan institusi. Analisis SWOT sudah menjadi alat yang umum digunakan dalam perencanaan strategi pendidikan, yang dalam pengelolaannya akan dikaitkan dengan input, proses dan output. SWOT dapat dibagi ke dalam dua elemen yaitu analisis internal (uji kekuatan dan kelemahan) dan analisis eksternal atau lingkungan (peluang dan ancaman). Tujuan dari pengujian ini adalah untuk membuat maksimal kekuatan, membuat minimal kelemahan, mereduksi ancaman, dan membangun peluang. Oleh karena yang dibicarakan di sini adalah mutu pendidikan, maka yang dimaksudkan adalah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di madrasah.

Sallis mengatakan salah satu alat yang umum digunakan dalam perencanaan strategi pendidikan termasuk peningkatan mutu madrasah adalah analisis SWOT. Analisis SWOT adalah alat yang efektif dalam menempatkan potensi madrasah. Dipertegas oleh Sharpiin dalam Sagala (2010), analisis SWOT adalah salah satu tahapan manajemen strategi yang merupakan pendekatan analisis lingkungan, digunakan untuk melihat kekuatan dan kelemahan di dalam madrasah sekaligus memantau peluang dan tantangan yang harus dihadapi madrasah. Analisis SWOT bertujuan untuk menemukan aspek-aspek penting dalam hal kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Tujuan pengujian adalah memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mereduksi ancaman, dan membangun  peluang.

Menurut Rangkuti (2009) proses pengambilan keputusan strategis selalu  berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi dan kebijakan madrasah. Perencana strategis harus menganalisis faktor-faktor strategis madrasah dalam hal kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam kondisi saat ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan analisis situasi yang populer dengan analisis SWOT. Analisis SWOT menurut Trimantara (2007: 6-9) jika dikaitkan dengan kualitas dunia pendidikan, maka dapat diuraikan ke dalam tiga aspek, yaitu:

a. Input

Segala sesuatu yang harus tersedia karena selalu dibutuhkan untuk berlangsungnya proses pendidikan adalah input. Input pendidikan meliputi kemampuan dasar siswa, sumber daya finansial, fasilitas, program, dan jasa  pendukung. Kesiapan input sangat diperlukan agar proses dapat berlangsung  dengan baik.

b. Proses

Kegiatan proses belajar-mengajar madrasah yang berkualitas pasti berkaitan dengan kemampuan guru, fasilitas belajar, kurikulum, metode pembelajaran, program ekstrakurikuler, dan jaringan kerjasama.

c. Output

Output pendidikan merupakan kinerja madrasah. Kinerja madrasah adalah  prestasi madrasah yang dihasilkan dari proses/perilaku madrasah. Kinerja madrasah dapat diukur dalam kualitasnya, efektivitasnya, produktivitasnya, efisiensinya, inovasinya, kualitas kehidupan kerjanya dan moral kerjanya.

Lulusan yang berkualitas dihasilkan oleh madrasah yang berkualitas juga. Namun pendidikan yang berkualitas memerlukan proses yang panjang dan berlangsung sepanjang hayat. Keunggulan lulusan tidak hanya ditentukan oleh nilai ujian yang tinggi. Indikasi lulusan yang unggul ini baru dapat diketahui setelah yang bersangkutan memasuki dunia kerja dan terlibat aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Analisis SWOT adalah salah satu lagkah yang paling penting dalam memfokuskan startegi dengan mengunakan misi organisasi sebagai konteks manager mengukur kekuatan kelemahan internal (kompetensi ungulan) demikian juga kesempatan  dan ancaman eksternal. Tujuannya adalah untuk mengembangkan strategi yang baik dan mengekploitasi kesempatan dan kekuatan menetralisi ancaman dan menghindari kelemahan.

Analisis SWOT : Fondasi Strategis Menyusun Visi Misi Sekolahyang Relevan dan Bermakna 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar