Mabruridlo : Guru MTs Al Fatah Suradadi

<< Selamat Datang di Blog's Abdima MTs Al Fatah Suradadi >> << Terima kasih sudah mampir, Semoga dapat memberi arti dan manfaat, meskipun sangat kecil dan remeh >>

Jumat, 15 Agustus 2025

JUKNIS OLIMPIADE MADRASAH INDONESIA (OMI) 2025

A. Latar Belakang

Untuk mewujudkan bonus demografi yang tidak hanya secara kuantitatif namun juga kualitatif menuju Indonesia Emas 2045 dibutuhkan berbagai upaya. Bagian terpenting dari upaya tersebut adalah meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan. Generasi muda atau yang kita kenal dengan istilah GenZ, menjadi bonus demografi yang saat ini mempunyai potensi untuk mengambil peran sebagai aktor utama yang menunjang kemajuan dan pembangunan bangsa dalam waktu 5-10 tahun mendatang. Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan  strategi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya dapat dilakukan melalui upaya dalam menciptakan ruang kompetisi dan kolaborasi  sebagai bentuk ikhtiar dalam mengembangkan potensi bakat dan minat,  kecakapan dan keahlian yang dimiliki para murid. Upaya dimaksud dilaksanaan  melalui Olimpiade Madrasah Indonesia (OMI). OMI diharapkan mampu  mengantarkan murid menjadi lebih berdaya saing secara global dan mampu  mengukir prestasi baik di level nasional maupun internasional.

Pelaksanaan OMI bukan semata-mata tentang persaingan, lebih dari itu OMI merupakan sebuah wadah untuk mengasah sekaligus mempertajam nilai-nilai  kejujuran, kerja keras dan karakter. Di sini kita tidak hanya mencari yang terbaik  di bidang sains dan riset tetapi juga mendorong lahirnya generasi yang unggul  secara intelektual dan berakhlak mulia. Generasi inilah yang nantinya akan  menjadi pilar utama dalam membangun peradaban bangsa yang lebih maju dan  bermartabat. 

OMI 2025 mengedepankan integrasi nilai-nilai keislaman dalam bidang sains dan riset, yang mengajarkan murid untuk melihat ilmu pengetahuan sebagai bagian dari ibadah dan pengembangan diri sesuai ajaran Islam. Tidak kalah penting,  budaya lokal juga diintegrasikan dalam kompetisi ini sebagai upaya melestarikan  kearifan lokal sekaligus memperkaya perspektif ilmiah murid. Kurikulum cinta  dalam sains menjadi landasan dalam pembelajaran dan kompetisi,  menumbuhkan rasa cinta dan semangat eksplorasi terhadap ilmu pengetahuan  yang berkelanjutan. 

OMI 2025 mengusung tema Islam dan Teknologi Digital: Inovasi Sains untuk Generasi Indonesia Maju yang Berdaya Saing Global. Tema ini mempunyai makna dan harapan agar seluruh potensi diri yang dimiliki para murid dapat dijadikan inovasi dan menghasilkan prestasi melalui ruang kompetisi yang menjunjung  tinggi kejujuran dan integritas sehingga mampu membawa madrasah semakin  mendunia.

B. Tujuan

Secara umum, pelaksanaan OMI Tahun 2025 bertujuan untuk  meningkatkan inovasi, kreasi, pola berpikir kritis dan analitis, memperteguh akhlak mulia, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara khusus tujuan OMI Tahun 2025 adalah:

1. menyediakan ruang kompetisi dan kolaborasi bagi murid untuk mengembangkan potensi bakat dan minat, kecakapan dan keahlian yang dimiliki para murid di bidang sains dan riset; 

2. memberikan motivasi kepada murid agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama;

3. menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, kejujuran, kerja keras dan kolaborasi di kalangan murid; 

4. memberikan kesempatan kepada murid menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

C. Hasil Yang Diharapkan

1. Berkembangnya potensi, bakat dan minat di bidang sains dan riset sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains dan riset;

2. Meningkatnya ghirah murid untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya;

3. Berkembangnya budaya kompetisi yang sehat, jujur, kerja keras dan  kolaboratif di kalangan murid;

4. Terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang  kompetisi tingkat internasional;

5. Dihasilkanya murid-murid terbaik di setiap bidang dan menjadi sumber daya manusia yang mencintai bidang keilmuannya.

D. Cabang Olimpiade

OMI merupakan bagian dari gelaran kompetisi dalam bidang Sains dan bidang  Riset terdiri:

1) Bidang Sains

MI/SD/Sederajat

  • Matematika terintegrasi
  • IPAS Terintegrasi

MTs/SMP/Sederajat

  • Matematika terintegrasi
  • IPA Terintegrasi
  • IPS Terintegrasi

MA/SMA/Sederajat

  • Matematika terintegrasi
  • Biologi Terintegrasi
  • Fisika Terintegrasi
  • Kimia Terintegrasi
  • Ekonomi Terintegrasi
  • Geografi Terintegrasi

2) Bidang Riset

Jenjang 

MTs & MA

Bidang Kompetisi

  • Integrasi Keislaman dan Keilmuan (Ekoteologi)
  • Sustainable Development Goals (SDGs)
  • Transformasi Digital untuk Pembangunan Nasional

JUKNIS OLIMPIADE MADRASAH INDONESIA (OMI) 2025 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar