A. Latar Belakang
Untuk mewujudkan bonus demografi yang tidak hanya secara kuantitatif namun juga kualitatif menuju Indonesia Emas 2045 dibutuhkan berbagai upaya. Bagian terpenting dari upaya tersebut adalah meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui pendidikan. Generasi muda atau yang kita kenal dengan istilah GenZ, menjadi bonus demografi yang saat ini mempunyai potensi untuk mengambil peran sebagai aktor utama yang menunjang kemajuan dan pembangunan bangsa dalam waktu 5-10 tahun mendatang. Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan strategi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya dapat dilakukan melalui upaya dalam menciptakan ruang kompetisi dan kolaborasi sebagai bentuk ikhtiar dalam mengembangkan potensi bakat dan minat, kecakapan dan keahlian yang dimiliki para murid. Upaya dimaksud dilaksanaan melalui Olimpiade Madrasah Indonesia (OMI). OMI diharapkan mampu mengantarkan murid menjadi lebih berdaya saing secara global dan mampu mengukir prestasi baik di level nasional maupun internasional.
Pelaksanaan OMI bukan semata-mata tentang persaingan, lebih dari itu OMI merupakan sebuah wadah untuk mengasah sekaligus mempertajam nilai-nilai kejujuran, kerja keras dan karakter. Di sini kita tidak hanya mencari yang terbaik di bidang sains dan riset tetapi juga mendorong lahirnya generasi yang unggul secara intelektual dan berakhlak mulia. Generasi inilah yang nantinya akan menjadi pilar utama dalam membangun peradaban bangsa yang lebih maju dan bermartabat.
OMI 2025 mengedepankan integrasi nilai-nilai keislaman dalam bidang sains dan riset, yang mengajarkan murid untuk melihat ilmu pengetahuan sebagai bagian dari ibadah dan pengembangan diri sesuai ajaran Islam. Tidak kalah penting, budaya lokal juga diintegrasikan dalam kompetisi ini sebagai upaya melestarikan kearifan lokal sekaligus memperkaya perspektif ilmiah murid. Kurikulum cinta dalam sains menjadi landasan dalam pembelajaran dan kompetisi, menumbuhkan rasa cinta dan semangat eksplorasi terhadap ilmu pengetahuan yang berkelanjutan.
OMI 2025 mengusung tema “Islam dan Teknologi Digital: Inovasi Sains untuk Generasi Indonesia Maju yang Berdaya Saing Global. Tema ini mempunyai makna dan harapan agar seluruh potensi diri yang dimiliki para murid dapat dijadikan inovasi dan menghasilkan prestasi melalui ruang kompetisi yang menjunjung tinggi kejujuran dan integritas sehingga mampu membawa madrasah semakin mendunia.
B. Tujuan
Secara umum, pelaksanaan OMI Tahun 2025 bertujuan untuk meningkatkan inovasi, kreasi, pola berpikir
kritis dan analitis, memperteguh akhlak mulia, berwawasan kebangsaan, cerdas,
sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara khusus
tujuan OMI Tahun 2025 adalah:
1. menyediakan ruang kompetisi dan kolaborasi bagi murid untuk mengembangkan potensi bakat dan minat, kecakapan dan keahlian yang dimiliki para murid di bidang sains dan riset;
2. memberikan motivasi kepada murid agar selalu meningkatkan
kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama;
3. menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, kejujuran,
kerja keras dan kolaborasi di kalangan murid;
4. memberikan kesempatan kepada murid menjadi duta Indonesia
yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.
C. Hasil Yang Diharapkan
1. Berkembangnya potensi, bakat dan minat di bidang sains dan
riset sehingga dapat berkreasi dan
mencintai sains dan riset;
2. Meningkatnya ghirah murid untuk selalu mengasah
kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama
sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya;
3. Berkembangnya budaya kompetisi yang sehat, jujur, kerja
keras dan kolaboratif di kalangan murid;
4. Terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon
peserta ajang kompetisi tingkat
internasional;
5. Dihasilkanya murid-murid terbaik di setiap bidang dan
menjadi sumber daya manusia yang mencintai bidang keilmuannya.
D. Cabang Olimpiade
OMI merupakan bagian dari gelaran kompetisi dalam bidang
Sains dan bidang Riset terdiri:
1) Bidang Sains
MI/SD/Sederajat
- Matematika terintegrasi
- IPAS Terintegrasi
MTs/SMP/Sederajat
- Matematika terintegrasi
- IPA Terintegrasi
- IPS Terintegrasi
MA/SMA/Sederajat
- Matematika terintegrasi
- Biologi Terintegrasi
- Fisika Terintegrasi
- Kimia Terintegrasi
- Ekonomi Terintegrasi
- Geografi Terintegrasi
2) Bidang Riset
Jenjang
MTs & MA
Bidang Kompetisi
- Integrasi Keislaman dan Keilmuan (Ekoteologi)
- Sustainable Development Goals (SDGs)
- Transformasi Digital untuk Pembangunan Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar