Mabruridlo : Guru MTs Al Fatah Suradadi

<< Selamat Datang di Blog's Abdima MTs Al Fatah Suradadi >> << Terima kasih sudah mampir, Semoga dapat memberi arti dan manfaat, meskipun sangat kecil dan remeh >>

Minggu, 23 November 2014

LEMBAR CATATAN FAKTA (K-2)

HASIL PENGAMATAN DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Penilaian untuk Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajaran yang mendidik
Sebelum Pengamatan
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP, LKS, Daftar absen
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru :
  • Guru dapat menjelaskan alasan penyusunan langkah-langkah kegiatan dalam RPP
  • Guru mengetahui tujuan pembelajaran serta metode yang akan digunakan dalam KBM
Tindak lanjut yang diperlukan: Amati susunan RPP apakah sudah sesuai dengan langkah-langkahnya
Selama Pengamatan
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP, Silabus
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan konsep Kimia
  • Guru memberikan pertanyaan kepada siswa baik pertanyaan terbuka maupun pertanyaan untuk dijawab secara individu
  • Guru mengaitkan materi dengan pengetahuan awal siswa
  • Guru memberikan pujian kepada siswa yang berani bertanya
  • Guru menggunakan slide di LCD untuk membimbing siswa dalam mengerjakan soal dan percobaan
  • Guru meminta siswa untuk bekerja kelompok
  • Guru mengecek pemahaman siswa tentang tugas yang diberikan
  • Guru mendemonstrasikan cara mendiskripsikan hasil praktik membaca kalimat Istigfar secara lisan di depan kelas.
Tindak lanjut yang diperlukan: Tanyakan kepada guru tentang aktivitas pembelajaran yang berbeda dari rencana yang tertulis pada RPP
Setelah Pengamatan
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/keterangan guru:
  • Guru dapat menjelaskan alas an mengapa siswa diminta bekerja secara kelompok dalam suatu materi Praktik
Tindak lanjut yang diperlukan: Tanyakan kepada guru tentang kesesuaian model pembelajaran dengan karakteristik materi pembelajarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar