HASIL
PENGAMATAN DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN
Penilaian untuk Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
belajaran yang mendidik
Sebelum Pengamatan
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP, LKS, Daftar absen
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru :
Sebelum Pengamatan
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP, LKS, Daftar absen
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru :
- Guru dapat menjelaskan alasan penyusunan langkah-langkah kegiatan dalam RPP
- Guru mengetahui tujuan pembelajaran serta metode yang akan digunakan dalam KBM
Tindak lanjut yang diperlukan: Amati susunan RPP
apakah sudah sesuai dengan langkah-langkahnya
Selama Pengamatan
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP, Silabus
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan:
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
- Guru menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan konsep Kimia
- Guru memberikan pertanyaan kepada siswa baik pertanyaan terbuka maupun pertanyaan untuk dijawab secara individu
- Guru mengaitkan materi dengan pengetahuan awal siswa
- Guru memberikan pujian kepada siswa yang berani bertanya
- Guru menggunakan slide di LCD untuk membimbing siswa dalam mengerjakan soal dan percobaan
- Guru meminta siswa untuk bekerja kelompok
- Guru mengecek pemahaman siswa tentang tugas yang diberikan
- Guru mendemonstrasikan cara mendiskripsikan hasil praktik membaca kalimat Istigfar secara lisan di depan kelas.
Tindak lanjut yang diperlukan: Tanyakan kepada guru tentang aktivitas pembelajaran
yang berbeda dari rencana yang tertulis pada RPP
Setelah Pengamatan
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/keterangan guru:
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : RPP
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/keterangan guru:
- Guru dapat menjelaskan alas an mengapa siswa diminta bekerja secara kelompok dalam suatu materi Praktik
Tindak lanjut yang
diperlukan: Tanyakan kepada guru tentang kesesuaian model pembelajaran dengan
karakteristik materi pembelajarannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar